Uncategorized

Produk yang disayangi (Bumi)

Beban energi di Bumi ini semakin besar. Dengan meningkatnya konsumsi dan barang sekali pakai ternyata meningkatkan kebutuhan energy dunia. Yang pada akhirnya meningkat pula jejak karbob atau emisi karbon yang dihasilkan. Sebab untuk semua barang sekali pakai yang kita konsumsi dan buang itu membutuhkan sumber daya alam seperti biji besi, silica, hasil produksi minyak. Kemudian energi untuk memproduksi, mendistribusikannya ke supermarket dan energy yang digunakan untuk mempromosikannya sehingga kita lihat di Tivi dan Majalah.

Semua itu hanya untuk makanan yang beberapa saat kemudian sampah atau bungkusnya kita buang. Dan ternyata hal itu pun terjadi pada produk-produk elektronik yang umurnya tidak lebih dari dua tahun, sebelum itu berpindah tangan atau berakhir di pembuangan. Sekarang tugas mulia seorang designer untuk menebus dosa masa lalunya (membuat orang menjadi konsumtif) untuk membuat produk yang tahan lama dan bisa mengurangi kerakusan manusia untuk mengkonsumsi lebih banyak.

Untuk membuat produk yang seperti dibutuhkan suatu perubahaan paradigma dan cara pandang. Kita harus melihat suatu produk sebagai suatu yang indah dan kita sayangi sehingga benda tersebut layak berada disamping kita selama bebarapa tahun kedapan. Contoh bijak yang bisa kita lihat adalah seperti mesin jahit singer yang sampai sekarang masih banyak dipergunakan oleh para penjahit. Mereka memiliki desain yang kokoh, mudah digunakan, dapat diandalkan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan (menggunakan motor listrik). Atau contoh yang lebih baik adalah Harley Davidsonn. Para pengendaranya merawat dan mencintai motor tersebut, memperbaiki dan merawatnya sehingga selalu terlihat baik yang membuat umur motor tersebut jauh lebih lama dibandingkan teman-temannya yang lain.

Dan seharusnya membuat suatu produk yang tahan lama dengan harga yang wajar akan membuat para konsumen sadar. Karena barang yang diandalkan dan berkualitas akan lebih disukai. Karena itu membuat mereka tidak perlu membiasakan diri lagi dengan barang baru tersebut dan memiliki waktu yang lebih banyak untuk menjadi mahir dengan barang tersebut. Semoga ini juga dapat menjadi inspirasi untuk para pengembang software untuk menciptakan software dan interface yang lebih baik kedepannya. Kalo tidak paling tidak jadi pewawasan :D.

Advertisements
Standard

One thought on “Produk yang disayangi (Bumi)

  1. gud gud gud 😀
    saya sebagai konsumen produk nikotin merasa terenyuh sebab menjadi pelaku penambah polusi bagi Planet Bumi tercinta 😉
    dengan ini, saya mendukung upaya menaikkan harga roko dan pengadaan ruang khusus buat mati bareng sembari ngudud di Indonesia Raya tercinta
    pernyataan di atas dibuat dalam kesadaran yang diragukan 😀
    NB : duh, gimana atuh dengan sampah plastik? kapan gitu di Indonesia teh penggunaan plastik dikurangi? hiks 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s