Hempasan Keras untuk Industri China

 

Kehebatan China membombardir dunia dengan produk-produk murahnya tidak lama lagi akan berkurang. Pemerintah China menetapkan aturan agar para pengusaha China memasukan tunjangan hari pension dan kontrak jangka panjang dengan para pekerjanya. Hal tersebut menaikan ongkos produksi hingga 40% ditambah lagi penguatan nilai tukar Yuan. Penderitaan itu belum berakhir, karena kebijakan pajak pemerintah tentang 2000 komoditas export membuat tekanan pada pabrik-parbrik yang ada di China. Perusahaan-perusahaan global mulai mengalihkan produksinya kenegara yang lebih murah seperti Vietnam dan India.

Diyakini kebijkan ini akan menaikan harga-harga produk komoditas yang tiba di Amerika. Hal ini menjadi suatu kesempatan pengusaha kita untuk merebut pasar internasional. Yang selama ini sulit bersaing dengan harga agresif produsen-produsen China. Namun dilain pihak, kita juga akan mengalami dampak kenaikan harga dari produk-produk murah china. Mungkin kedepannya kita akan kehilangan istilah produk murah = produk china. Semoga saat itu terjadi kita sudah bisa mencukupi kebutuhan pasar dalam negri kita sendiri.

Advertisements

2 thoughts on “Hempasan Keras untuk Industri China

  1. Putri Sarinande says:

    jadi ingat kawan ci mamah (tante salon tea…) yang punya anak perempuan yang mana si anak perempuan berkata (dengan sinisnya) : ah, itu cina-cina biar sering ketemu di gereja teuteup ajah busuk sih busuk (licik maksudnya :D)

    sebenarnya, satu hal yang layak digugu dan ditiru : ulet 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s