Pengalaman Baru Browsing menggunakan Mozilla Prism

Sumber : labs.mozilla.com

 

Mozilla ngeluarin suatu applikasi tambahan untuk para pengguna Firefox 3.0. Dengan Mozilla Prism kita bisa menggunakan Single Site Browser (SSB) yaitu suatu aplikasi browser yang didedikasikan hanya untuk suatu website tertentu. Dengan perkembangan RIA dan Web Aplikasi saat ini, terasa sangat membebani browser yang biasa kita gunakan. Aplikasi web yang biasa aku gunakan seperti Gmail, Google Calender, Google Docs digunakan menggunakan AJAX secara massif. Sehingga aplikasi-aplikasi tersebut sering membebani browser. Itu cukup menganggu. Karena kebanyakan Aplikasi web tersebut memang kurang sesuai dengan kapasitas browser yang ada dipasaran sekarang.

Prism bertujuan untuk memisahkan aplikasi-aplikasi yang biasanya berjalan dibrowser dan dijalankan langsung sebagai aplikasi desktop. Hal ini menarik karena sebelumnya aplikasi web yang kita gunakan dijalankan pada browser yang berorientasi pada web. Sehingga selalu identik dengn tombol back, forward, location bar yang tidak berhubungan dengan aplikasi yang sedang berjalan didalamnya.

Sumber : labs.mozilla.com

Namun SSB pun masih memiliki beberapa kelemahan, hal ini wajar karena Prism juga masih pada tahap awal pengembangan. Namun SSB ini bisa menjadi salah satu alternative pesaing AIR dan Silverlight sebagai RIA di desktop. Namun tidak seperti keduanya yang ingin menggantikan keberadaan aplikasi webnya sendiri. Prism sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan kelebihan-kelebihan yang terdaat di aplikasi desktop pada aplikasi web.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s