Uncategorized

The Secret dan Rahasia dibaliknya bag.1

Film dan buku The Secret beberapa waktu yang lalu sempat menjadi perbincangan hangat. Bahkan Oprah meluangkan beberapa episodenya untuk mengangkat dan mengungkap rahasia ini. Rahasia dari The Secret adalah Hukum Ketertarikan (Law of Attraction). Hukum ini menjelaskan bahwa apa yang kita pikirkan akan menarik hal-hal itu kedalam kehidupan kita (like attracts like). Kalo kita berfikir tentang impian kita maka Insya Allah itu akan datang menghampiri kita, apabila kita mengikuti skenario yang terbangun untuk kita.

Hal itu menjadi masuk akal dan terasa sangat dekat dengan kehidupan kita. Karena kita biasanya langsung mengingat-ngingat saat paling berharga atau saat kesuksesan kita. Dan kemudian kita melihat lagi lebih kebelakang, ternyata mungkin kita pernah membayangkan keberhasilan tersebut seperti yang diajarkan oleh The Secret. Dan The Secret itu kemudian menjadi “terbukti” dan masuk akal.

Namun tidak sedikit pula yang skeptic dan menganggap The Secret adalah salah satu puncak kegilaan dari para pengganut New Wave. Dan mereka merasa The Secret mencaplok dan mendomplenk penelitian-penelitian ilmiah sekedar untuk mendukung Hukum yang sedang mereka “sebarkan”(Law of Attraction). Dibalik semua pro dan kontra ini yang bisa di temukan di Google.

Sejujurnya menurutku The Secret adalah salah satu film yang paling bagus menggambarkan kekuatan suatu mindsetting. Tapi dibandingkan mempercayai apa adanya, aku berfikir bahwa ada suatu kearifan lain lain dibanding The Secret. Aku sendiri percaya bahwa sebetulnya yang lebih dasar dari hukum ketertarikan adalah kenyataan bahwa manusia bisa melakukan lebih baik (bahkan menjadi lebih baik) apabila dia dalam kondisi bersemangant, senang / berkelimpahan (aboundance).

Pada saat kita sedang senang dan bersemangat karena sebutlah karena keberhasilan kita. Maka tubuh kita akan menghasilkan endorphin. Endorphine ini membuat orang merasa berbahagia dan juga bekerja sebagai penghilang rasa sakit yang alami. Karena hal inilah maka kita sangat menikmati saat-saat keberhasilan kita. Dalam hal ini perlu digaris bawahi definisi dari keberhasilan. Apabila keberhasilan kita definisikan mencapai apa yang kita rencanakan atau impikan maka sampai sejauh ini konsep Law of Attraction berlaku.

Advertisements
Standard

2 thoughts on “The Secret dan Rahasia dibaliknya bag.1

  1. puncak kegilaan penganut new wave????
    wahahahhaahh…

    padahal I resent the new wave lho ( sedikiiittt… :p ) tapi the secret bisa menarik perhatianku dan lumayan inspiratif tuh untukku!
    πŸ˜‰

  2. kalok kata Bang Yohannes Surya mah : mestakung, alam semesta mendukung.

    pas kapan itu, saya kan lagi diskusi (sok-penting ahmat yak gw :D) dg Mas EM (M.Aan Mansyur, penyair makassar) tentang korelasi antara dada dan kepala.
    jadi, dada = perasaan (hati yang bukan organ tubuh) dan kepala = logika (otak untuk berpikir).
    nah, saya teh baru beberapa minggu silam lah baca buku The Secret ntuh (curiga buku ini adalah buku pegangan para pelaku MLM πŸ˜€ ) dan menemukan (langsung, baca kilat, soal’e isinya teu penting pisan) kalimah yang saya simpulkan pada Mas EM sebagai :

    siklus dada dan kepala πŸ˜‰

    hati bertanya, otak bertindak, hati merespon, otak mengevaluasi. begitu seterusnya tiada henti (keknyah selagi masih bernapas sih πŸ˜‰ )

    ngunu lhoh *logat suroboyo’an MODE, ON*

    NB : huhuhu, numpang mecucu (nangis lebai itu maksudnyah) aku kehilangan si Mas EM inih. buete deh gue, lhah panan si diskusinya teh belom kelar… 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s